Lagi! Gold Medal dan Bronze Medal Sukses Diborong Tim Riset MAN 2 Kebumen dalam Indonesian Student Research Competition di Bandung

 

Dua tim riset MAN 2 Kebumen berhasil meraih mendali dalam perlombaan ISRC 2024 (istimewa).

KEBUMEN, Alfaizonline – 2 tim riset dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kebumen berhasil raih mendali emasmendali perunggu.dan grand award dalam perlombaan Indonesian Student Research Competition atau yang disingkat sebagai ISRC. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Indonesian Scientific Society (ISS) yang bertempat di Bandung, Jawa Barat. Babak final dimulai dari tanggal 29 Februari 2024 sampai 3 Maret 2024.

Dalam perlombaan tersebut, ISS memiliki 4 bidang untung di lombakan yaitu Bidang Teknologi dan Komputasi (BTK), Bidang Sains dan Aplikasinya (BSA), Bidang Sosial dan Humaniora (BHIS), dan Bidang Bidang Teknik dan Rekayas (BTR). Ke-2 Tim Riset dari MAN 2 Kebumen sendiri mengambil Bidang Teknolongi dan Komputasi (BTK).

Jiddan Maulana dan Wisnu Abdurrohman Mahfudz meraih gold medal dan grand award (istimewa).

Mereka memberi nama tim mereka tim visionaire. Tim visionaire 1 yang beranggotakan Jiddan Maulana dan Wisnu Abdurrohman Mahfudz. mengambil judul yaitu “SORELLA (Solar Umbrella) : Pengembangan Energi Terbarukan Terintegrasi Biodegradable Berbasis IoT Guna Mewujudkan Sustainable Development Goals 7” dan berhasil mendapatkan mendali emas dan grand award. Serta Tim visionaire 2 yang beranggotakan Dwi Kartika Sari dan Nada Artika Nur Fadhila mengambil judul “WINOWA (WINDMILL, OTEC AND SEAWAVE): Inovasi Intergrasi Sustainable Energy Harvesting Guna Terwujudnya Pembangkit Listrik Terbarukan” dan berhasil mendapatkan mendali perunggu.

Jiddan Maulana dari Tim 1  menyampaikan “Panitia mengatakan total 164 tim yang mengikuti perlombaan ini, kemudian diambil 45 finalis dari berbagai provinsi. Kita dari MAN 2 Kebumen mewakili Jawa Tengah.”

“Kita menulis KTI mulai tanggal 17 januari kemudian di submit tanggal 25 januari, 2 hari setelahnya tanggal 28 januari Pengumuman, dan akhirnya final pada tanggal 29 februari -3 maret.” Ucap Jiddan.

Setelah lolos sebagai finalis, mereka berangkat menuju Bandung dengan didampingi guru pembimbing, Kartina Dati,  S.Pd.Si., M.Sc. “Kita siapkan poster dan stan banner untuk membuat set up booth untuk melakukan pameran karya di booth yang sudah disediakan panitia.” Jelas Dati ketika ditanya tentang persiapan.

Dwi Kartika Sari, Nada Artika Nur Fadhila dan Kartina Dati dalam both pameran "WINOWA"(Istimewa).

Babak final dimulai Kamis,(29/2/2024) dengan agenda untuk melakukan registrasi dan persiapan set up booth pameran.

Kompetisi tersebut dinilai langsung oleh juri dari peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Jati Bandung. “Kedua juri tersebut bergantian mengunjungi setiap booth pameran dan memberikan pertanyaan pada setiap finalis.” Ungkap Dati. Penilaian dan penjurian berlangsung di Gedung Balai Besar Guru Penggerak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Bandung, Jumat (1/3/2024).

Seluruh finalis ISRC 2024 dalam City Tour (Istimewa).

Setelah penilaian, seluruh finalis mengikuti City Tour ke Pengalengan, Nemo Highland, Rumah Pengabdi Setan (lokasi syuting), dan Pusat Oleh-Oleh Bandung, Sabtu (2/3/2024).

Kompetisi ISRC ditutup dengan awarding ceremony dengan penyerahan mendali dan sertifikat kepada finalis, Minggu (3/3/2024).

Dati bersyukur atas hasil yang didapatkan. “Alhamdulillah ini sebuah prestasi yang sangat luar biasa yang diraih oleh Siswa MAN 2 Kebumen di bidang riset. Dan alhamdulillah juga riset di MAN 2 Kebumen kedepannya semoga makin banyak yang berprestasi lagi dan sehingga saya berharap Siswa MAN 2 Kebumen memiliki motivasi untuk selalu senang meneliti, mengembangkan inovasi inovasi baru dibidang riset sehingga kedepannya berharap riset di MAN 2 Kebumen makin maju sehingga bisa menjadi pionir menuju madrasah riset.” Harapnya.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama