Menakjubkan! Tim Riset MAN 2 Kebumen Raih Juara 3 Nasional Esai MCE ITB 2023

Tim riset MAN 2 Kebumen meraih juara 3

KEBUMEN, Alfaizonline –  Tim Riset MAN 2 Kebumen, Jiddan Maulana, Nada Artika Nur Fadhila dan Wisnu Abdurrahman Mahfudz  berhasil meraih juara 3 Nasional pada lomba Esai Ide Kreatif Lingkungan Meteorogical Competition Event (MCE) 2023 di bawah bimbingan Kartina Dati, S.Pd.Si., M.Sc.

Kompetisi ini digelar oleh Departemen Keilmuan dan Keprofesian HMME “Atmosphaira” Institut Teknologi Bandung (ITB) guna membuka pandangan baru, menciptakan apresiasi, dan merangsang minat terhadap ilmu meteorologi untuk menghadapi tantangan lingkungan global. 

Tim Riset MAN 2 Kebumen sendiri memiliki karya ANTARA, konsep memelihara mikroalga di dalam tiang lampu dengan memperhatikan akses masuk cahaya matahari dan nutrisinya. Nantinya mikroalga tersebut berfotosintesis sehingga dapat membersihkan polusi udara sebagai upaya menangani krisis iklim. 

Dati menjelaskan, kejuaraan yang diraih telah melalui proses panjang. Diawali tahap seleksi tertulis. Termasuk, wajib mengirimkan esai dari materi yang akan diusung.

Dari 72 Peserta, Tim Riset MAN 2 Kebumen sukses masuk final. Mempresentasikan karya dihadapan juri dari dosen Meteorologi dan BMKG

Melalui Pameran Karya, BRIN ikut melihat dan mewawancarai Tim Riset MAN 2 Kebumen.

“Saya bersama tim menjadi lebih mengetahui tentang mikroalga dalam proses fotobioreaktor, mempunyai pengalaman dapat presentasi secara langsung di depan dosen dan para finalis yg pastinya dari sekolah-sekolah unggulan. Yang paling penting dan paling mahal adalah pengalaman”. Ujar Jiddan selaku ketua tim kejuaraan.

Jiddan juga menyampaikan harapannya supaya tim risetnya dapat terus berkarya dan lebih banyak lagi tim riset di MAN 2 Kebumen agar teman yang lain juga mendapatkan pengalaman berharga.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama